9 Tiket Menemukan Hidden Paradise-mu

Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda tentang hidden paradise. Secara harfiah berarti surga yang tersembunyi. Wow, sudah senikmat surga, tersembunyi pula, maka tak rela bagi-bagi dong kalau sudah menemukannya? Tetapi apakah sebenarnya makna yang tersirat tetapi tidak tersurat dari hidden paradise (HP)?

Leny, seorang metropolis yang gemar memotret bilang kalau HP adalah suatu wilayah tersembunyi yang di situ tak ada sinyal seluler sehingga ia bisa menyepi. Selly, seorang freelancer bilang jika HP adalah sebuah tempat yang dihuni oleh orang yang tidak bisa berbahasa yang kita pakai. Santo, seorang akuntan bilang lain lagi, HP itu adalah sebuah suasana yang membuat kita merasa aman, nyaman, tenteram, tanpa takut gangguan, ancaman apapun.

Nah simpel kan? HP bukan selalu tempat yang kamu harus tuju dengan duit, pergi jauh, meluangkan waktu dulu dan bersusah payah. Tetapi HP berarti juga ‘ruang’ yang kamu ciptakan sendiri untuk mendapatkan kenikmatan. Memang sih, HP sesekali juga sebuah tempat yang kau capai dengan sengaja melakukan trip. Tapi jangan mempersempit HP-mu, di sekitarmu banyak banget. Apapun penjabaranmu dan orang lain, tentang HP berikut ini adalah beberapa tips menemukan HP menurut versi PADMagz.

  1. Tantanglah dirimu untuk selalu update berita-berita terkini, toh gadget selalu ada dalam genggaman, browsing-lah untuk mencari tantangan baru supaya kerja ada tujuannya.
  2. Menabunglah minimal 10 persen dari income bulanan supaya anytime saat ingin cabut pergi, ya langsung cabut karena sudah ada budget jelas untuk jalan-jalan, nggak pakai mikir 1000 kali.
  3. Bacalah buku-buku/ majalah traveling biar setiap hari update dan terlecut untuk move on.
  4. Follow Twittter para traveler dari seluruh dunia, selain untuk stalking, juga buat mensyen-mensyen biar terlihat SKSD
  5. Dalam setahun tentukan targetmu, mau menemui HP berapa kali, planning jauh-jauh hari.
  6. Pintar-pintarlah bergaul, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Kalau gaulnya dengan traveler, niscaya kamu akan semakin keren, apalagi jika membaca PADMagz.com. Hehehe.
  7. Kelompok-kelompok traveler biasanya suka mengadakan agenda jalan bareng, gabunglah. Itu tandanya kamu bakal jadi orang kaya, sebab trip demikian biasanya hemat.
  8. Sekali waktu cobalah solo traveling. itulah saatnya kamu menantang diri sendiri, mampu nggak menghadapi dunia?
  9. HP kadang ada tak jauh dari dari sekitar kita. Cobalah luangkan waktu dengan seksama, tenang, perlahan-lahan, amati lingkunganmu, bacalah tanda-tanda, siapa tahu eh ternyata HP-mu adalah dengan duduk seharian di antara rak buku.

Happy hunting HP-mu ya! Kalau sudah nemu, kabari kita. (naskah: Wina Bojonegoro, foto: Wirawan/hpy)