9 Poin Mencari Hostel Oke

Pilih Hotel atau Hostel? Ini Tipsnya (2)

1. Carilah hostel dengan lokasi tengah kota atau dekat dengan tujuan utama, dengan demikian untuk pergi dan pulang dari dan ke hostel tidak terlalu jauh, juga tidak perlu pindah-pindah jalur, selain hemat waktu juga hemat dana bila terpaksa menggunakan taksi.

hostel (4)2.Carilah hostel yang mudah transportasi ke airport setempat, bukan masalah soal dekat, tapi yang mudah sehingga tidak tenteng menenteng tas atau koper bawaan, apalagi mau pulang so pasti tentengan jadi banyak karena belanja.

3.Carilah hostel yang dekat dengan stasiun kereta dan halte bus, sehingga mudah dicapai dengan jalan kaki saja.

4.Carilah hostel yang mempunyai fasilitas wifi baik di ruang terbuka atau di kamar. Ini penting karena internet menjadi kebutuhan bila tidak punya SIM Cards setempat untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman di Indonesia. Beberapa hotel atau hostel hanya menyediakan internet hanya di ruang terbuka tetapi berbayar di kamar.

hostel (1)5.Carilah hostel yang menyediakan breakfast atau sarapan pagi, karena selain penghematan juga kita tidak perlu susah-susah cari makanan setelah bangun tidur. Tapi eitttss tunggu dulu, jangan mebayangkan sepiring nasi goring atau nasi rames, biasanya adalah breakfast ala Amerika, yaitu roti dengan teh/kopi, ada juga ditambah telor rebus dan buah. Biasanya orang Indonesia bukan sarapan kalau tidak makan nasi “nggak nendang”.

6.Carilah hostel yang mempunyai fasilitas dapur, karena bila membawa keluarga, fasilitas dapur ini sangat membantu dan hemat untuk buat sarapan pagi atau makan malam, karena bisa membawa indomie, sarden, kornet atau makanan kemasan bakso atau sosis. Karena biasanya Hostel menyediakan lemari pendingin untuk menyimpan makanan tamu. Bahkan disediakan rice cooker, dan beras tinggal cari di tradisional market yang ada di lokasi tersebut.

7.Carilah hostel yang menyediakan laundry, apalagi menginap lebih dari 2 hari, maka sudah pasti akan banyak baju kotor, banyak hostel menyediakan fasilitas ini untuk memudahkan tamu apabila menginap dalam jangka lama dengan semua itu gratis.

hostel (5)8.Carilah hostel yang rekomended bagus atau nilai di atas 7 yang ada di Agoda atau website booking hostel lainnya. Karena dari ulasan tamu yang pernah menginap kita bisa tahu kondisi hostel tersebut.

9.Khusus untuk wanita, cari yang ada female room, sehingga tidak kaget bila tiba-tiba ada masuk tamu laki-laki ke kamar yang mix room. Tamu dalam kamar di hostel biasanya dari berbagai negara, dan tidak saling mengenal. Namun seorang backpacker, biasanya cukup ramah dan kadang mau berkenalan dan bercerita tentang pengalamannya di negara tersebut. Tidak jarang persahabatan terjadi dalam satu kamar di hostel selain berbagi nomor kontak juga bisa saling mengunjungi. (naskah/Elly Maria Silalahi/foto: Annisa Novitasari-pad/editor: Heti Palestina Yunani)