5 Yang Asyik Nikmati Nite Safari Baluran

Tak ada yang mati gaya dalam menikmati wisata, termasuk saat malam hari sekali pun. Kalau ingin mencoba nite safari di Taman Nasional Baluran, PADMagz punya lima hal yang asyik untuk diikuti agar kegiatan wisata malam itu tak berubah jadi horor.

1 SIAPKAN NYALI
Tak sepenuhnya benar jika nite safari hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Siapa saja sebenarnya bisa melakukan kok. Anda yang penakut sekali pun. Namun ada syaratnya, harus siap nyali. Sebab namanya saja nite safari, jadi yang dinikmati ya suasana wisata di malam hari. Kegiatan yang mengenalkan kehidupan malam di alam liar dengan binatang-binatang malamnya kepada pengunjung itu biasanya bisa dimulai saat matahari terbenam hingga menjelang fajar menyingsing. Saat itulah Taman Nasional Baluran akan menawarkan pilihan wisata khusus yang menantang yaitu nite safari.

2 JAM MUNCUL BINATANG MALAM
Kala matahari masuk ke peraduan, binatang-binatang malam seperti burung hantu, cabak kota, landak, justru akan keluar dari persembunyiannya. Begitu juga ular, macan tutul, macan kumbang, banteng, rusa, sampai kucing hutan. Mereka tampak masih beraktivitas saat gelap meski bukan tergolong binatang malam. Paling apes, kita bisa melihat burung hantu yang memang ‘hidup’ sepanjang malam. Sementara macan tutul tunggulah muncul untuk membuat Anda merasa takut-takut tapi seru sekitar pukul 6 hingga 8 malam.

Kalau terlewat, mereka akan terlihat lagi sekitar pukul 3 hingga 5 pagi. Landak yang pemalu dan tergolong sulit dipotret bisa diintip mulai pukul 10 hingga 12 malam. Sementara ular piton biasa menggeliat keluar dari persembunyiannya sekitar pukul 1 dini hari. Kalau beruntung, saat musim hujan, ular-ular berukuran besar ini dengan tenangnya turun ke jalan untuk mendapatkan kehangatan aspal, di siang hari.

3 BUTUH PEMANDU
Meski mengasyikkan, nite safari tidak dapat dilakukan sembarangan. Pengelola mensyaratkan untuk melepas pengunjung dengan pemandu khusus dan profesional yang sangat menguasai medan. Tanpa mereka, pengunjung juga tidak boleh menginap. Wajar karena memang belum ada akomodasi penginapan di dalam kawasan. Jadi sayang memang karena pengunjung hanya bisa berada di dalam area nite safari maksimal hingga pukul 7 malam. Singkat ya? Tapi ada siasat untuk tetap bisa menikmatinya dengan puas.

Coba berkelilinglah ke kawasan taman nasional sejak pagi betul hingga sore hari lalu baru bergeraklah keluar meninggalkan area sampai menjelang kawasan ini tutup. Namun jika kemauan Anda untuk merasakan nite safari dari malam hingga pagi hari sangat kekeh dan tak bisa ditawar lagi, ya tak ada cara lain kecuali dengan pendamping. Selain memandu pengunjung tak tersesat di kawasan hutan lindung itu, pemandu adalah orang tepercaya untuk mengantarkan kita berjumpa dengan beragam binatang selama nite safari, plus menjelaskan semua hal kepada kita tentang yang kita temui selama nite safari.

4 JANGAN BERISIK YA!
Melakukan nite safari sebaiknya harus dalam rombongan kecil. Satu grup tidak lebih dari empat orang, jadi lima bersama pemandu Anda. Selain agar tidak berisik selama adventure dinikmati, emosi masing-masing orang bisa lebih terjaga. Sebab saat melihat binatang malam tiba-tiba muncul begitu dekat, respon spontan yang berlebihan tak akan menguntungkan.

5 PERSIAPAN PERSONAL
Jangan sepelekan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Membawa senter mutlak dibawa per orang. Anda juga harus tahan dengan gigitan nyamuk hutan yang ganas. Sebab sekali pun menggunakan lotion anti serangga paling top dan sebanyak apapun tak akan membuat nyamuk-nyamuk mudah pergi. Satu hal lagi, sangat penting untuk menjaga stamina. Jadi sebelum melakukannya istirahatlah cukup. Semua ini disyaratkan betul bagi mereka yang akan melakukan nite safari.

Berminat melakukan nite safari di Taman Nasional Baluran? Ajak teman-teman terdekat. Buat kelompok kecil maksimal empat orang, lalu hubungi www.padmatour.com. (naskah: Didi Cahya/foto: PADMagz/hpy)