5 Catatan ‘Gila’ dari Nggowes Rute Batu-Malang

gowes batu malang (1)Selain dingin dan apel, Batu makin memesona dengan spot wisata menarik. Sebut saja Sengkaling, Coban Rondo, Jatim Park, Batu Secret Zoo, Batu Nite Spectaculair, Eco Green Park dan yang terakhir dan terbaru Museum Angkut. Yang ingin adventure habis-habisan, ada arena paralayang, serta rafting yang tersedia lengkap dengan segala arena outbond. Tinggal pelancong memilih, mau wisata hiburan atau yang berbalut tantangan?

Bagi pecinta sepeda, rasanya portofolio belum sempurna kalau belum menjajal tanjakan dan turunan di Batu. Lahan perbukitan dan perkebunan di sana, memungkinkan para biker memilih berbagai alternatif wisata sepeda yang asyik. Boleh lakukan cross country, down hill, off road, atau on road. Lengkap! Inilah catatan Padma Tour Organizer ketika membawa rombongan 32 pesepeda dari Samarinda.

Datang Mbakso, Malam Menyanyi

Keuntungan pertama dari trip ini sudah berlebih karena penerbangan langsung dari Balikpapan-Malang telah dilayani Kalstar. Dengan cara ini, kerumitan transit bisa di-skip. Apalagi Bandara Abdul Rahman Saleh yang relatif kecil itu membuat tamu serasa dijemput di bandara pribadi.

Begitu tiba, peserta tur kami manjakan dengan menyerbu kuliner lokal, bakso. Ibaratnya, Malang tanpa bakso serasa tak lengkap. Dari sekian tawaran warung bakso yang menggiurkan, pilihan jatuh ke Bakso Kota Cak Mat. Pilihan itu tak salah karena hampir semua peserta berani tambah porsi. Mereka tak segan mengacungkan jempol ketika difoto saat kekenyangan.

Rombongan kian terasa dimanjakan karena mereka kami bawa menuju hotel bintang lima satu-satunya di Batu, The Singhasari. Nah, begitu malam datang, mereka langsung melepas penat dengan menyanyi. Acara ‘sing song’ jadi mantap lantaran beberapa personil adalah vokalis andal. Bahkan ada pula penggebuk drum lho.

Maka jadilah acara malam itu seperti ajang unjuk gigi peserta. Untungnya rumah makan Ria Jenaka yang kami pilih untuk rileksasi menyediakan fasilitas lengkap mulai pelaralatan band lengkap dan panggung.

gowesbatumalangMelaju 25 Km Mengalahkan Tanjakan

Pagi-pagi setelah menikmati breakfast, agenda utamanya nggowes! Dengan seragam hijau spotlight mereka menuju start point, di kawasan Pujon. Dari sana, mereka pun melaju sejauh 25 km melintasi persawahan, perkebunan, jalan aspal, makadam dan tanjakan.

Sampai-sampai, beberapa peserta lempar handuk saat rute menjelang finish tenyata menanjak. Tetapi sisanya tetap nggowes hingga perjuangan terakhir dengan semangat ‘membabi buta’. Bukan ngecap, tapi ketika kami tanya soal rute, ada yang gemes menjawab; gilaaaaaaaaa!! Artinya nggowes memang seru kan?

Keroncong yang Ngelangut

Setelah reda cucuran keringat, peserta melenakan perut dengan makan siang ala Indonesia di lokasi yangsuper duper keren. Selain saung-saung dan sungai sebagai view sembari lahap-melahap, pernik-pernik dan desain Resto River Side di kawasan Araya ini sangat kental aroma Jawa. Jadilah Resto Taman Indi sebagai arena narsis tanpa habis.

Setelah kenyang, pegal-pegal yang terasa akibat menempuh rute yang menanjak dihilangkan dengan refleksi dan sauna. Tanpa kembali ke hotel, peserta langsung tancap gas menikmati makan malam dalam suasana serba Jawa -pake banget-, di Resto Inggil. Catatan saja, resto pilihan kami itu adalah yang terbaik menurut Trip Advisor. Recommended deh!

Kelebihannya? Selain masakan serba Jawa, atribut dan koleksi serba Jawa dan kuno, ada hiburan tarian Jawa dan Malangan. Itu belum termasuk musik keroncong yang ngelangut. Mendengar alunan musik, peserta kembali mendorong para artis dadakan menyumbang suara lagi.

Bawa Pulang Bakpia Mangkok

Sayangnya, di hari ke tiga peserta tak bisa menambah agenda senang-senang lebih lama. Maklum satu-satunya penerbangan cuma pukul 11.00 sehingga pilihan tak bisa maksimal. Tapi itu terobati karena sebelum good bye, semua boleh berburu oleh-oleh khas Malang, salah satunya bakpia mangkok.

Pelayanan Padma yang Oke

Tertarik mencicipi paket wisata yang sama seperti di atas? Padma Tour Organizer akan melayani dengan oke. Jika berminat, Anda kumpulkan saja minimal 20 orang untuk jalan bareng. Harga per pax dipatok sebesar Rp 3,5 juta. Sejumlah uang itu demi fasilitas-fasilitas sebagai berikut;

  1. Bus pariwisata ber-AC seat 2-2
  2. Menginap 2 malam di Hotel Singhasari (*5)
  3. Wisata kuliner sesuai agenda
  4. Paket cycling 25 km (sepeda Polygon, helmet, teknisi, marshal, pick up)
  5. Paket oleh-oleh senilai Rp 200 ribu per pax
  6. Tiket masuk Museum Angkut/Eco Green Park (pilih salah satu)
  7. Snack 3 kali
  8. Early check in dan airport handling di Malang
  9. Free flow mineral water
  10. P3K
  11. Banner
  12. Lugage van
  13. Parkir/tol/tips
  14. Local guide
  15. Airport tax di Malang
  16. Dokumentasi foto dalam 1 CD

Yang melegakan buat kami yang berlelah-lelah senang mengurus tur, 90 persen peserta yang kami jajaki pendapatnya, menyatakan puas dengan pelayanan Padma Tour Organizer. Inilah closing yang cetar membahana. Buyarlah penat kami karena pujian itu. For more info jangan sungkan kontak ke: sales@padmatour.com http://www.padmatour.com. (naskah dan foto: Wina Bojonegoro/hpy)