Memburu Kupat Glabed dan Soto Tauco di Tegal

Tegal yang merupakan kota bahari, menyimpan kekayaan kuliner yang sayang dilewatkanmulai dari camilan hingga ke menu yang lebih berat  atau menu utama. Jika Anda tak berkampung halaman di Tegal kalau singgah di Tegal untuk istirahat, sempatkan diri untuk menyantap kupat glabed. Makanan wajib ini harus dicoba.kupat-glabed

Untuk menemukan kuliner khas ini, Anda tidak perlu susah-susah mencarinya, karena banyak pedagang dari rumah makan hingga warung pinggir jalan. Tetapi, sejak turun-temurun, keluarga saya sering sekali makan di salah satu warung yang berada di alun -alun kota Tegal, letaknya tidak jauh dari Stasiun Tegal. Meskipun warung yang bercat biru sangat sempit, namun banyak pembeli yang rela antre.

Kupat glabed merupakan perpaduan kupat dan sayur tempe, namun kuah sayur tempenya gurih. Rasa gurih berasal dari olahan kemiri dan rempah-rempah lainnya. Kupat glabed akan lebih lengkap lagi jika ditaburi dengan krupuk mi dan sate jeroan sebagai tambahan lauk. Satu lagi yang khas di Tegal adalah soto tauco.

soto-taucoSoto tauco, merupakan salah satu primadona kuliner di Kota Tegal. Lokasi yang sering didatangi oleh pembeli adalah soto tauco gang senggol (masih berada di area alun-alun Kota Tegal). Penyajian soto tauco bisa dibilang mungil, karena menyajikan soto di dalam mangkok kecil.

Rasa soto yang segar ditambah rasa tauco yang asam dan ada rasa gurih, menjadi senssasi tersendiri bagi penikmat kuliner. Untuk isi dari soto bisa dipilih menurut selera, ayam, daging, maupun jeroan. Jangan lupa ditaburi daun bawang agar lebih mantap. naskah dan foto: pad/Heti Palestina Yunani)