12 Resep Jadi Solo Traveler Cewek yang Keren

Solo traveling? Keren tahu? Sekarang gaya bepergian sendirian itu juga nggak lagi ditakuti para traveler termasuk yang cewek. Nurdianing Ayu, seorang karyawan yang tinggal di Tangerang sudah merasakan betapa nikmatnya jalan-jalan sendiri. Dari pengalamannya, Nur, panggilannya, meresepkan 12 ‘nyali’ khusus untuk cewek yang mau ber-solo traveling. Dijamin setelah mengikuti cara Nur ini, solo traveler cewek makin doyan klinong-klinong. Apa saja itu?

  1. tips solo 3Siapkan mental dan fisik. Tahu lah ya bagaimana menata ini semua. Mulai kesehatanmu, bekalmu, dokumenmu, kebutuhan pribadimu dan lain sebagainya.
  2. Jangan keliatan lemah dan kebingungan, meski kalau beneran lagi bingung, perlihatkan dirimu seolah PD (percaya diri) aja. Ini untuk meminimalisir kamu menjadi target kejahatan.
  3. Bawa barang bawaan yang ringkas saja ya macam backpacker-an yang nyaman dan nggak membuatmu ribet.
  4. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan. Ini berlaku juga untuk pakaian. Usahakan yang sesuai dengan kultur daerah yang akan didatangi.
  5. Cari informasi dulu sebanyak-banyaknya tentang lokasi tujuan perjalanan. Carilah tahu apakah daerah tersebut cukup aman untuk solo traveler cewek sepertimu.
  6. Jika memungkinkan, untuk hari pertama di sana, kita sudah mem-booking penginapan supaya kita tidak perlu cari-cari lagi pada saat kedatangan terutama jika datang di malam hari. Untuk hari selanjutnya bisa cari alternatif penginapan lain jika ingin pindah. Setidaknya kita nggak terlihat kebingungan mencari penginapan.
  7. Selalu waspada tapi jangan sampai parno juga. Nikmatilah perjalanan. Happy!
  8. Trust your intuition. Ini penting lho karena keputusanmu kadang tak diambil dengan mengajak orang lain berunding.
  9. Beritahu orang lain seperti teman atau keluarga tentang rencana dan update perjalanan kita, supaya mereka aware posisi kita ada di mana. Zaman sekarang kan mudah sekali, apalagi yang rajin update status di medsos.
  10. Harus bisa berbaur dengan sesama traveler dan penduduk lokal meski tetap harus waspada.
  11. Hormati kultur setempat. Jika bisa pelajari hal-hal baik dari tradisi yang kita temui.
  12. Senyum adalah bahasa universal. Kalau soal ini, solo traveler cewek sepertinya paling jago deh. Barangkali dari senyum, kamu akan dapat gebetan, hahaha.

Sudah yakin akan melakoni solo traveling? Ayo aja deh!