10 Poin Berarung Jeram Aman bersama Songa

rafting songa (3)Rafting atau arung jeram awal mulanya bernama Olah Raga Arus Deras (ORAD). ORAD dikatagorikan sebagai olah raga petualangan, karena tidak saja mengandung unsur olahraga, tetapi juga petualangan dengan berbagai risikonya.

Meski kian populer, rafting termasuk kegiatan alam terbuka yang baru. Ini jika dibandingkan dengan mendaki gunung atau olahraga alam terbuka lainnya. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, rafting ternyata juga mampu meningkatkan kesehatan mental.

Bahkan manfaat secara mental jauh lebih besar dari manfaat kesehatan fisik. Dari sejarahnya, olahraga ini berkembang di Amerika Serikat, tepatnya setelah Perang Dunia II. Ketika itu beberapa orang enterpreneur menyusuri Sungai Colorado dengan perahu jenis Pontoon sisa Perang Dunia  II. Ternyata menantang dan mengasyikkan.

Perkembangannya makin pesat di tahun 60-an ketika teknologi rancangan dan bahan untuk membuat perahu seperti yang kita kenal sekarang ini, juga berkembang. Sesuai namanya, saat ber-rafting kita sengaja menemui jeram. Jeram adalah sebuah area di sungai, di mana arus yang dilalui sangat deras.

Arus yang deras ini terbentuk akibat adanya perbedaan ketinggian sungai dan adanya batu-batuan. Makin arusnya tinggi makin dicari. Tinggi rendahnya jeram ini terbagi dalam skala yang disebut grade. Sejauh ini baru dikenal grade 1 s/d 4 yang dikatagorikan aman untuk umum alias wisatawan.

rafting songa (1)Salah satu sungai yang tergolong tinggi grade jeramnya di antaranya adalah Sungai Pekalen di Probolinggo, Jawa Timur. Tepatnya terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris. Sungai Pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan.

Lebarnya rata-rata 5-20 meter dengan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Bagian Pekalen yang oke khususnya Pekalen atas yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi untuk berarung jeram dibandingkan dengan Sungai Pekalen bawah.

Pekalen atas juga paling menantang karena tidak saja memiliki jeram hingga level 4 tetapi juga terdapat air terjun yang sangat besar serta gua kelelawar yang ada di dalam rute pengarungan.

Nah salah satu operator arung jeram terbaik di Pekelan adalah Songa Adventure. Songa memiliki dua basecamp, di Pekalen atas dan Pekalen bawah. Di Pekalen atas, jarak pengarungan mulai start hingga finish kurang lebih sepanjang 12 kilometer yang ditempuh selama 3,5 jam.

rafting songa (5)Bersama Songa, peserta lebih dulu diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram sebelum berangkat pengarungan. Istilahnya safety talk, setelah dibagikan welcome drink dan pembagian grup. Biasanya satu perahu untuk 5 orang. Untuk menuju ke lokasi, peserta akan dinaikkan mobil pickup terbuka.

Dengan posisi berdiri dapat menampung sekitar 12 orang dan harus berpegengan erat di pegangan pinggir mobil karena jalan yang dilalui lumayan menanjak naik turun. Sesudah turun dari mobil, peserta harus menyusuri jalan setapak yang lumayan jauh dan curam, sehingga stamina banyak terkuras di sini. Inilah tantangannya!!

Di tengah-tengah perjalanan akan berhenti di rest area, peserta akan dijamu dengan sajian minuman poka, STMJ dan pisang goreng. Sungguh pas dinikmati di tengah dinginnya deburan air sungai Pekalen. Selama perjalanan peserta akan disuguhi indahnya 7 air terjun goa-goa kelelawar dan struktur batuan alami.

Tepat di bawah air terjun, perahu biasanya diberhentikan. Saat itu semua peserta akan merasakan segar dan derasnya guyuran air terjun. Disediakan tempat untuk terjun bebas dari ketinggian sekitar 5 meter. Wow bagi penyuka tualang, ini pas untuk melepaskan ketegangan.rafting songa (2)

Berarung jeram di Pekalen atas memang menyenangkan. Dijamin rasa penat hilang begitu melihat keindahan dan merasakan serunya berarung jeram di sini. Suasananya pun begitu tenang sehingga membuat kita tidak habis-habis mengagumi ciptaan Tuhan.

Untuk kembali ke basecamp peserta kembali harus menyusuri jalan setapak dan dinaikkan lagi ke mobil pickup. Sesampainya di basecamp peserta dapat membersihkan badan dan berganti pakaian. Sesudah itu semua, sajian yang menggoda selera; tempe, tahu dan ikan penyet, urap-urap dan lodeh siap disantap.

Tertarik melakukannya? Jangan hanya membayangkan serunya dulu. Tapi pikirkan bagaimana bisa melakukan olahraga ini dengan aman. Ini tips ber-rafting aman dari Songa:

  1. Ketika melintasi jeram, berteriaklah dengan keras sepuasnya karena itu adalah sah-sah saja.
  2. Apabila Anda merasa ragu dengan kemampuan mengikuti kegiatan arung jeram maka sebaiknya cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan ini.
  3. Sebelum memulai pengarungan, Anda akan diberikan instruksi. Mulai dari apa yang harus dilakukan jika Anda terlempar keluar dari perahu dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikutilah semua instruksi pemandu.
  4. Tidak dianjurkan untuk membawa video rekam atau kamera saat pengarungan. Karena akan mudah rusak bila terkena air. Kecuali jika Anda memiliki kamera khusus untuk kegiatan outdoor yang anti air. Pengelola arung jeram biasanya menyiapkan tenaga fotografer yang akan mengabadikan kegiatan pangarungan.
  5. Apabila tak bisa berenang, maka Anda tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class 4 atau class. Cukuplah menikmati jeram dengan mengenakan pelampung. Pilih sungai dengan tingkat kesulitan class 2 dan class 3.rafting songa (4)
  6. Untuk Anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait tali pada kacamata agar tidak terlepas.
  7. Saat Anda menggunakan krim tabir surya (sunscreen) maka jangan gunakan di kening. Sebab, saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata. Jangan juga menggunakannya pada kaki bagian belakang. Hal ini dapat menyebabkan terpeleset.
  8. Tidak dianjurkan mengenakan sandal. Sandal tidak memberikan proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Kenakanlah sepatu olahraga atau sandal gunung. Lebih bagus bila Anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatan arung jeram.
  9. Dianjurkan mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wol pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun. Bahan ini akan membuat Anda kedinginan saat basah.
  10. Saat cuaca panas dengan suhu air dingin disarankan mengenakan wet suit. Sementara saat cuaca dingin dan suhu air dingin pada sungai class 5 kenakan wet suit dikombinasi dengan jaket khusus. Berbeda jika cuaca hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin. Sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan t-shirt. (naskah dan foto: Wina Bojonegoro/Heti Palestina Yunani)